STRATEGI KOMUNIKASI BISNIS UNTUK MENGATASI PERMINTAAN PENURUNAN HARGA OLEH KONSUMEN DALAM BAHASA INGGRIS
Untuk memperlancar Bisnis kita terhadap rekan bisnis atau konsumen dari negara lain , dan menjaga agar hubungan dengan rekan bisnis atau konsumen tetap terjaga dengan baik, diperlukan strategi khusus dalam komunikasi dengan mengolah kata yang tepat , disertai alasan-alasan yang bisa diterima tanpa merusak hubungan bisnis.Di bawah ini akan saya contohkan beberapa cara strategi yang bisa diterima untuk menolak permintaan konsumen kita untuk minta penurunan harga .
1. STRATEGI MENYAMPAIKAN KEBERATAN UNTUK MENURUNKAN HARGA MELALUI EMAIL DENGAN BAHASA INGGRIS
Sebaiknya sampaikan alasan yang tepat, apabila dengan terpaksa kita tidak bisa memenuhi permintan pelanggan kita , walaupun begitu tetap berharap hubungan baik yang menguntungkan tetap terjaga .
Dear YULI
How are you.
Thank for your support for a long time.
We always cherish you (one of our valuable customer) all the time.
So,in the past of the high crude oil's price and the raise of the material price
(like iron ,raw materials of the plastc etc..),we still did not adjust the price to you except the outside processing item SPEAKER PART, even our profit was compressed critically.
Now,although the crude oil's price have been dropped.But it was caused by the global economic recession.
The business condition is more degenerated.
So,we sincerely ask you to cancel the request of the material cost down.
Hope your understanding and acceptance.
Let us hand in hand to pass through the difficult economic condition.
Have a nice day!
ARTINYA :
Dear YULI,
Apa kabar.
Terima kasih untuk dukungan Anda untuk waktu yang lama.
Kami selalu menghargai Anda (salah satu pelanggan berharga kami) sepanjang waktu.
Jadi, kami sampaikan di masa lalu dari harga minyak mentah yang tinggi dan kenaikan harga bahan (Seperti besi, bahan baku dari plastc dll ..), kami tidak menaikkan harga untuk Anda kecuali hanya proses barang SPEAKER PART saja , bahkan keuntungan kami sangat mepet sekali.
Sekarang, meskipun harga minyak mentah ini telah dropped. Tetapi itu disebabkan oleh resesi ekonomi global.
Kondisi bisnis lebih merosot. Jadi, kami sangat meminta Anda untuk membatalkan permintaan penurunan bahan baku .
Kami berharap pengertian dan penerimaan anda .
Mari kita bergandengan tangan untuk melewati kondisi ekonomi yang sulit.
Semoga harimu menyenangkan!
2. STRATEGI MENOLAK PERMINTAAN PELANGGAN UNTUK MENURUNKAN HARGA KARENA HARGA MATERIAL TIDAK BERUBAH DENGAN EMAIL DALAM BAHASA INGGRIS .
Berikut contoh lain , yang dapat kita sampaikan , dengan alasan yang baik .
Dear Mr. YULI
We are sorry to say that we could not mwwt your requested because raw material
cost increased a lot as well as devaluate of US dollar.
We will review price again in near future.
Best Regards.
ARTINYA :
Dear Mr YULI
Kami mohon maaf untuk menyampaikan bahwa kami tidak bisa memenuhi permintaan Anda untuk menurunkan harga karena biaya bahan baku
meningkat banyak serta ada pengaruh nilai tukar terhadap dolar AS.
Kami akan meninjau harga lagi dalam waktu dekat.
Salam Hormat.
3. STRATEGI MENUNDA JAWABAN ATAS PERMINTAAN COST DOWN ( PENURUNAN HARGA ) MELALUI EMAIL DALAM BAHASA INGGRIS .
Ada kalanya pelanggan kita di Luar Negri mendesak untuk meminta jawaban penurunan harga dengan segera, maka agar tetap menjaga hubungan baik bisnis, perlu kita sampaikan dengan cara yang tepat, SEBELUM MEMBERIKAN PENAWARAN HARGA YANG BARU , dapat saya contohkan seperti dibawah ini .
Dear Yuli,
We had a internal meeting regarding cost down.
And made decision that send the new quotation instead of confirmation sheet.
The new quotation of PIANO needs some time to discuss.
After price decision, we will send you the new quotation.
If you have any questions, please let us know.
Thank you and have a nice day.
Best regards,
ARTINYA :
Dear Yuli,
Kami telah mengadakan pertemuan internal yang menyangkut penurunan harga .
Dan membuat keputusan untuk mengirimkan penawaran harga baru,sebagai konfirmasi .
Untuk penawaran harga baru PIANO membutuhkan beberapa waktu untuk mendiskusikan.
Setelah ada keputusan harga, kami akan penyampaikan penawaran baru.
Jika Anda memiliki pertanyaan, silakan beritahu kami.
Terima kasih dan semoga harimu menyenangkan.
Salam Hormat,
Sahabat, contoh diatas adalah komunikasi dengan Email dengan rekan bisnis , sebenarnya contoh diatas bisa dilakukan dengan komunikasi langsung , karena cara penyusunan kata-kata tidak lah jauh berbeda. yang terpenting dengan menguasai bahasa dan kata-kata itu dapat kita gunakan untuk meningkatkan karir bisnis untuk menjadi lebih maju.
Good Luck !!!!!
No comments:
Post a Comment