Thursday, September 1, 2016

Bisnis-karir : Cara melakukan transaksi pembelian melalui email menggunakan bahasa Inggris


Cara melakukan transaksi pembelian  melalui email menggunakan bahasa Inggris



Hey Guys....Saya akan sampaikan beberapa contoh praktek kerja , ketika membuat email singkat kepada partner bisnis , walaupun singkat tetapi bisa membantu kerja anda :
Yang perlu di ingat pertama kali apabila kita pertama kali Email , dan kita tidak tahu lawan bicara kita 
LAKI-LAKI atau PEREMPUAN :
 
Kita bisa menyebut dengan akhiran- SAN setelah menulis nama orang :

CONTOH :

Yuli  San  Atau  Helmi  San.


( San, disini biasa di pakai orang Japan untuk memanggil atau menghormati seseorang apabila kita belum tau jenis kelamin lawan bicara kita ).


CONTOH PRAKTEK MENULIS EMAIL UNTUK BISNIS :

I. MENGIRIM P/O UNTUK MEMBELI BARANG DENGAN P/O ORDER

1.   EMAIL UNTUK KIRIM p/o order dan minta CONFIRMASI ( Bukti  Jawaban ) :




Dear Peggy san,

Attached pls checked the new p/o from us. Kindly pls confirm after received
the p/o.

With best regards
YULI 

Artinya :


Dengan Hormat Ibu / Bp Peggy,

Terlampir mohon cek p/o baru , mohon konfirmasi setelah terima p/o.



Salam Hormat 
YULI  

2.  Contoh Mengirim Ulang Email bila Email pertama ada kesalahan 




Dear Peggy san

We are sorry, we revise the p/o description under thickness 12mm, to 15mm


Kindly pls reconfirm to us.

Best regards


artinya :


Dear Peggy san,


Maaf , kami merevisi  keterangan p/o dari tebal 12mm menjadi 15mm


salam hormat


3. Contoh Lain Mengirim ulang karena akan  merevisi p/o :



Dear peggy san

We are sorry to make inconvenience, kindly pls cek the p/o revise, and pls ignore
the previous p/o.
We change p/o no 850926 to the new p/o no. 852911.

With best wishes


artinya:


Mohon maaf untuk membuat ketidaknyamanan, silakan pls cek p / o merevisi, dan pls mengabaikan p/o sebelumnya. 


Kami mengubah p / o nomor  850.926 ke po baru  menjadi. 852.911.

Salam hangat.


II.   JAWABAN EMAIL 


1.   JAWABAN EMAIL  setelah  terima Email p/o order sebagai konfirmasi telah terima Email.


Dear YULI san.

Received the p/o order with many thanks.

Best regards

Peggy

Artinya:

Sayang YULI san.


Kami sudah terima p/o ada teerima kasih banyak.


salam Hormat
Peggy

  1. Atau JAWABAN  bisa dengan alternatif tulisan sebagai berikut , bila p/o sudah dikonfirmasi , dan disertakan dalam lampiran ( attached file ).

Dear Mr Yuli,

Kindly please find attached for PO Acknowledgement.

Thanks

Artinya :

Dear Mr. Yuli

Terlampir konfirmasi p/o jawaban dari kami.

Terima kasih

  1.  Atau bila sudah akrap lama jawaban bisa sbb :

Dear Mr Yuli,


Good Day!


Attached PO acknowledgement.

Kindly please send me PO balance sheet.


Thank you!


Artinya :


Dear Mr. Yuli

Hari yang bagus

Terlampir p/o jawaban setelah di tanda tangani.

Tolong kasih juga p/o sisa yang ada di tempat anda.


  1. Bila email yang kita terima, pengirim menghendaki jawaban cepat dan penting sekali DAN kita sudah akrap dengan pelanggan tersebut  .

Jawaban dengan email bisa sebagai berikut :


Dear Mr Yuli,
Good day!

Noticed your urgency.
Attached is the PO acknowledgement.

Will come back to you once I get the reply from maker.


Thank you!


Artinya :


Dear Mr. Yuli


Semoga hari menyenangkan,


Kami sangat memperdulikan kebutuhan anda yang sangat mendesak.

Terlampir adalah p/o jawaban

Kami akan menginformasi kembali secepatnya bila sudah ada jawaban dari si pembuat ( Pabrik ).

Sahabat semua diatas untuk contoh ringan.....gampang bukan.
Untuk yang lebih susah sedikit akan terus saya sampaikan, 
SEMOGA MENJADI LEBIH MAJU KARIR NYA...SEMANGAT.

Untuk Lebih Mahir lagi silahkan ikuti kiriman praktek berikut ini .

No comments:

Post a Comment